PROMOTING LESSON STUDY AS ONEOF THE WAYS FOR MATHEMATICS
TEACHERSPROFESSIONAL DEVELOPMENT IN INDONESIA: 
The Reflectionon Japanese Good Practice of Mathematics Teaching
Through VTR
By : Marsigit
VTR (Video Tape Recorder) untuk pendidikan guru dan gerakan
reformasi di Matematika  Pendidikan, khusus untuk
mengembangkan studi pelajaran memiliki beberapa manfaat sebagai: 
1.      singkat  ringkasan pelajaran
dengan penekanan pada masalah-masalah utama dalam pelajaran,
2.      komponen  pelajaran dan peristiwa
utama dalam kelas, dan
3.      kemungkinan masalah untuk diskusi dan  refleksi
dengan guru mengamati pelajaran (Isoda, M., 2006). 
Menurut dia,  Lesson Study dibagi menjadi
tiga bagian:
a)      perencanaan pelajaran
b)      bagian observasi,  dan
c)     
diskusi
dan bagian refleksi. 
Lebih lanjut ia menyatakan bahwa ketika kita menggunakan VTR,
kami juga mulai dari pengamatan pelajaran  tapi VTR sendiri sudah
kehilangan banyak dimensi, parameter dan konteks karena  Program disiapkan
(tercatat) dari perspektif perekam dan VTR editor  mata saja. Melalui pengamatan VTR, kita
belajar hal-hal dan menerapkan dalam  selanjutnya kegiatan. Guru di Indonesia dapat mengamati
konteks pelajaran yang berbeda dalam  negara yang berbeda
(misalnya Jepang) melalui VTR.  Jika kita amati proses belajar mengajar melalui VTR, ringkasan
pendek diperlukan untuk  memahami isi dan kita perlu mengamati beberapa kali VTR untuk
memahami nya  isinya
jelas. Setelah melakukan ini, mungkin
arrise isu-isu yang berguna untuk diskusi dan  refleksi
serta merefleksikan praktek-praktek yang baik, pelajaran baik atau pelajaran
yang inovatif untuk  reformasi
pendidikan matematika.
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar