Jumat, 18 Januari 2013

Arti dari Aliran Filsafat



sebab dari segala sebab bagi orang yang percaya dan beragama itu Tuhan. dalam filsafat disebut Kausa Prima (Aristoteles), maka org beragama itu merupakan kaum pondasionalism yg hidupnya berdasarkan sebab awal. perjanjian adalah merupakan pondasion , ijab qobul juga merupakan pondasion. intuisi bukan termasuk pondasion, karena sudah dapat membedakan antara satu dengan yang lainya. maka banyak sekali  sampai tak terhingga anda tidak dapat mengetahui awal permukaannya , itulah yang dinamakan intuisionism. belajar matematika juga begitu.ada yang pure matematika, itulah yang namanya pondasionalism, karena menggunakan definisi. tetapkan dulu definisi maka baru diterapkan melalui teorema-teorema yang selaras, dimana selaras hukumnya identitas. tapi ada yang namanya gerakan anti pondasionakism, misalnya anda mengerti bilangan 2 itu kapan? apakah anda mengerti bilangan 2 dari perguruan tinggi? apakah dari 1 ditambah satu?maka 2 merupakan suatu yang sudah kita ketahui sejak kecil, itulah intuisi. bahwa dua tidak muncul akibat 1. anda mengerti bilangan 1 dari mana? itulah yang namanya intuisi. baru mengembangkan matematika yang intuisi. kita merupakan campuran dari beberapa golongan podasiionalism, intuisionalism, aristotelesism dan lain-lain.
filsafat itu ilmu. secara fiksafat, ilmu itu diperoleh dari pertanyaan, maka beda dengan pelajaran matematika, sebetulnya harusnya sama, tetapi matematika yang tidak paham.  dualisme. masyarakat kita cenderung dualisme.dualisme tidak cenderung buruk. terdapat juga dualisme yang baik, misalnya hanya ada lakilaki dan perempuan. tidak ada yang namanya 90 persen lakilaki, 80 persen lakilaki. itu sesuai dengan kitabnya seperti itu. tetapi masyarakat kapitalisme itu sudah sampai kepada pluralisme. sekarang semakin banyak oarng banci, itu namanya plural.
dualisme yang lain adalah hablumninallah habluminanas. beda dengan plural anatra hubungan manusia dengan tuhan dan hubungan  manusia dengan manusia. kalau hanya berhubungan dengan tuhan saja itu adalah fatal, kaum fatal kalau manusia kaum vital.hidup iytu adalah jarak antara fatal dan vital, kapan kita menuju fatal, dan kapan kita menuju vital. berdoalah seakanakan engakau mau mati nanti, menuju ke fatal, berudahalan seakanakan engkau aka hidup seribu tahun lagi. jadi disini plural itu benar. karena filsafat itu sentitif terhadap ruang dan waktu.
apakah perbedaan kenikmatan dan kebahagiaan ?nikmat itu sesaat sedangkan bahagia itu tahan lama. nikmat itu biasanya kulitnya kalo bahagia itu esensinya, nikmat itu biasanya parsial kalo bahagia itu komperhensif, aku ingin hidup yang bahagia, kenikmatan itu lah dinamaka hedonisme. secara filsafat orang  yang bahagia itu adalah orangg yg berilmu, bagaimana sikap kita menanggapi aliran filsafat yangg sangat banyak?, filsafat adalah dirimu sendiri. filsafat dalam arti micro cosmos. dalam sudut pandangan kecil. yang ada dan yang mungkin ada ialah usaha untuk mensinkronisasi dri. apakah tokoh filsafat berhubungan satu dengan yang lain? tokoh filsafat itu merupakan pintu pintu. filsafat itu secepat kilat secepat cahaya. mari kita buktikan,pikiran orang bisa sedang di new york, bisa di jepang, bisa di melbourne. tidak ada pesawat yang dapat mengikuti kecepatan olah pikir filsafat. bagaimana kalau fisafat tidak ada? itu artinya tidak ada fikiran. kalau filsafat tidak ada itu fikiran tidak ad, kalau fikiran tidak ad itu berarti manusia tidak ada, karena manusia itu berfikir. filsafat itu olah pikir.relativitas pemikiran seseorg selalu dapat merugikan pkiran org? absolut itu akhirat absolut ut tuhan spiritual, manusia hanya dapat mengandaikan, tapi kalo sudah turun ke bumi itu sudah menjadi pikiran manusia

Tidak ada komentar: