Senin, 10 Oktober 2011

review 18


PROMOTING LESSON STUDY AS ONEOF THE WAYS FOR MATHEMATICS TEACHERSPROFESSIONAL DEVELOPMENT IN INDONESIA:
The Reflectionon Japanese Good Practice of Mathematics Teaching Through VTR
By : Marsigit
VTR (Video Tape Recorder) untuk pendidikan guru dan gerakan reformasi di Matematika  Pendidikan, khusus untuk mengembangkan studi pelajaran memiliki beberapa manfaat sebagai:
1.      singkat  ringkasan pelajaran dengan penekanan pada masalah-masalah utama dalam pelajaran,
2.      komponen  pelajaran dan peristiwa utama dalam kelas, dan
3.      kemungkinan masalah untuk diskusi dan  refleksi dengan guru mengamati pelajaran (Isoda, M., 2006).
Menurut dia,  Lesson Study dibagi menjadi tiga bagian:
a)      perencanaan pelajaran
b)      bagian observasi,  dan
c)      diskusi dan bagian refleksi.
Lebih lanjut ia menyatakan bahwa ketika kita menggunakan VTR, kami juga mulai dari pengamatan pelajaran  tapi VTR sendiri sudah kehilangan banyak dimensi, parameter dan konteks karena  Program disiapkan (tercatat) dari perspektif perekam dan VTR editor  mata saja. Melalui pengamatan VTR, kita belajar hal-hal dan menerapkan dalam  selanjutnya kegiatan. Guru di Indonesia dapat mengamati konteks pelajaran yang berbeda dalam  negara yang berbeda (misalnya Jepang) melalui VTR.  Jika kita amati proses belajar mengajar melalui VTR, ringkasan pendek diperlukan untuk  memahami isi dan kita perlu mengamati beberapa kali VTR untuk memahami nya  isinya jelas. Setelah melakukan ini, mungkin arrise isu-isu yang berguna untuk diskusi dan  refleksi serta merefleksikan praktek-praktek yang baik, pelajaran baik atau pelajaran yang inovatif untuk  reformasi pendidikan matematika.

Tidak ada komentar: