PROMOTING LESSON STUDY AS ONEOF THE WAYS FOR MATHEMATICS
TEACHERSPROFESSIONAL DEVELOPMENT IN INDONESIA:
The Reflectionon Japanese Good Practice of Mathematics Teaching
Through VTR
By : Marsigit
VTR (Video Tape Recorder) untuk pendidikan guru dan gerakan
reformasi di Matematika Pendidikan, khusus untuk
mengembangkan studi pelajaran memiliki beberapa manfaat sebagai:
1. singkat ringkasan pelajaran
dengan penekanan pada masalah-masalah utama dalam pelajaran,
2. komponen pelajaran dan peristiwa
utama dalam kelas, dan
3. kemungkinan masalah untuk diskusi dan refleksi
dengan guru mengamati pelajaran (Isoda, M., 2006).
Menurut dia, Lesson Study dibagi menjadi
tiga bagian:
a) perencanaan pelajaran
b) bagian observasi, dan
c)
diskusi
dan bagian refleksi.
Lebih lanjut ia menyatakan bahwa ketika kita menggunakan VTR,
kami juga mulai dari pengamatan pelajaran tapi VTR sendiri sudah
kehilangan banyak dimensi, parameter dan konteks karena Program disiapkan
(tercatat) dari perspektif perekam dan VTR editor mata saja. Melalui pengamatan VTR, kita
belajar hal-hal dan menerapkan dalam selanjutnya kegiatan. Guru di Indonesia dapat mengamati
konteks pelajaran yang berbeda dalam negara yang berbeda
(misalnya Jepang) melalui VTR. Jika kita amati proses belajar mengajar melalui VTR, ringkasan
pendek diperlukan untuk memahami isi dan kita perlu mengamati beberapa kali VTR untuk
memahami nya isinya
jelas. Setelah melakukan ini, mungkin
arrise isu-isu yang berguna untuk diskusi dan refleksi
serta merefleksikan praktek-praktek yang baik, pelajaran baik atau pelajaran
yang inovatif untuk reformasi
pendidikan matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar