The Effort to Increase the Student’s Motivation in
Mathematics Learning with Some Teaching Aids in Junior High School 5 Wates,
Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
By : marsigit
Salah
satu upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran
matematika di Sekolah Menengah Pertama adalah dengan membuat proses belajar menjadi
menyenangkan, menarik, dan terhubung dengan kebutuhan sehari-hari. Memaksimalkan penggunaan alat bantu pengajaran dan alat untuk demonstrasi diharapkan dapat membantu proses abstraksi siswa, yang meliputi kesulitan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi
masalah yang ditemukan di kelas dari kelas SMP 5 Wates Sekolah, Kulon Progo
Yogyakarta, Indonesia. pertama tiga kuartal untuk tahun akademik 2001/2002. Penelitian
ini adalah untuk memilih dan menggunakan alat bantu mengajar,
yang digunakan sebagai model pembelajaran dalam pengajaran
pembelajaran matematika melalui penelitian tindakan kelas. Guru mengambil tindakan dalam penelitian sendiri sekolah.
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk memilih dan menggunakan alat bantu pengajaran beberapa digunakan sebagai model pembelajaran matematika untuk
meningkatkan motivasi siswa. Di SMP proses belajar mengajar mereka
harus menggunakan metode variasi untuk memotivasi siswa dan untuk menghindari siswa membosankan dan menggunakan bantuan mengajar secara optimal untuk
memfasilitasi siswa mereka untuk belajar konsep, ide, definisi atau prosedur matematika tertentu.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penelitian tindakan dengan menggunakan alat bantu
mengajar beberapa seperti papan dipaku, tangan karet, kartu bermain, siswa
lembar kerja simpul kertas, transparansi kertas,
benang sipat, tiga bilah kayu bisa digunakan sebagai model dalam matematika mengajar untuk meningkatkan motivasi siswa dalam proses
belajar mengajar. Sehubungan dengan hasil penelitian,
disarankan para guru matematika di SMP sekolah tinggi dalam proses
belajar-mengajar mereka harus menggunakan metode variasi
untuk memotivasi siswa dan untuk menghindari membosankan siswa dan selalu menggunakan bantuan demonstrasi optimal untuk menjelaskan konsep, ide,
definisi atau prosedur tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar