Senin, 03 Oktober 2011

review 16


The Effort to Increase the Student’s Motivation in Mathematics Learning with Some Teaching Aids in Junior High School 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
By : marsigit
Salah satu upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama adalah dengan membuat  proses belajar menjadi menyenangkan, menarik, dan terhubung dengan kebutuhan sehari-hari. Memaksimalkan penggunaan alat bantu pengajaran dan alat untuk demonstrasi diharapkan dapat membantu proses abstraksi siswa, yang meliputi kesulitan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang ditemukan di kelas dari kelas SMP 5 Wates Sekolah, Kulon Progo Yogyakarta, Indonesia. pertama tiga kuartal untuk tahun akademik 2001/2002. Penelitian ini adalah untuk memilih dan menggunakan alat bantu mengajar, yang digunakan sebagai model pembelajaran dalam pengajaran pembelajaran matematika melalui penelitian tindakan kelas. Guru mengambil tindakan dalam penelitian sendiri sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memilih dan menggunakan alat bantu pengajaran beberapa digunakan sebagai model pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi siswa.  Di SMP proses belajar mengajar mereka harus menggunakan metode variasi untuk memotivasi siswa dan untuk menghindari siswa membosankan dan menggunakan bantuan mengajar secara optimal untuk memfasilitasi siswa mereka untuk belajar konsep, ide, definisi atau prosedur matematika tertentu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian tindakan dengan menggunakan alat bantu mengajar beberapa seperti papan dipaku, tangan karet, kartu bermain, siswa lembar kerja simpul kertas, transparansi kertas, benang sipat, tiga bilah kayu bisa digunakan sebagai model dalam matematika mengajar untuk meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Sehubungan dengan hasil penelitian, disarankan para guru matematika di SMP sekolah tinggi dalam proses belajar-mengajar mereka harus menggunakan metode variasi untuk memotivasi siswa dan untuk menghindari membosankan siswa dan selalu menggunakan bantuan demonstrasi optimal untuk menjelaskan konsep, ide, definisi atau prosedur tertentu.

Tidak ada komentar: