Senin, 03 Oktober 2011

review 15


 DEVELOPING MATHEMATICS EDUCATION IN INDONESIA
By : Marsigit
Kerjasama antara lembaga pendidikan
dalam mencari model-model alternatif dalam referensi pengalaman pendidikan dari beberapa negara lain mungkin mendapatkan beberapa manfaat kesempatan, seperti:
1.      mendiskusikan dan meningkatkan pelaksanaan kurikulum yang mencakup pengembangan buku teks, bahan ajar, metodologi pengajaran, dan penilaian,
2.      memperkaya pengalaman matematika dan ilmu pengetahuan pendidik,
3.      meningkatkan kualitas pengajaran belajar dan mengembangkan laboratorium,
4.      memecahkan matematika dan ilmu pengetahuan masalah belajar mengajar di sekolah,
5.      merekomendasikan cara-cara untuk meningkatkan matematika dan pendidikan ilmu pengetahuan, dan
6.      memenuhi harapan masyarakat dari apa yang disebut praktik yang baik dari matematika dan pendidikan sains.
Untuk kegiatan tukar pengalaman antara lembaga pendidikan mungkin bervariasi seperti:
1.      melakukan seminar dan lokakarya,
2.      melakukan kegiatan penelitian bersama,
3.      penerbitan dan penyebarluasan hasil bertukar pengalaman dan atau jurnal,
4.      membangun jaringan diantara lembaga atau negara.
Titik baik dari pendidikan Jepang yang bisa menjadi referensi meliputi:
1.      rata-rata kemampuan guru dan kualitas kelas adalah relatif tinggi,
2.      desain kelas yang tepat, mengajar,
3.      lingkungan pendidikan, kondisi pendidikan dan sebagainya adalah homogen untuk seluruh negara,
4.      guru rajin,
5.      prinsip kesetaraan,
6.      guru rasa tanggung jawab yang kuat,
7.      pengobatan guru relatif baik, dan
8.      guru sekolah umum harus pindah ke sekolah lain dalam beberapa tahun.

Tidak ada komentar: